4 ciri kelamin sekunder pada wanita

ciri-ciri kelamin sekunder pada wanita adalah sebagai berikut :


  1. Tumbuh rambut pada sekitar alat kelamin dan di ketiak.
  2. Pinggul semakin lebar.
  3. Terjadi menstruasi.
  4. Payudara akan mengembang.
  5. Kulit semakin halus.
  6. Suara semakin nyaring.
Masa remaja disebut masa puber atau masa akil baliq merupakan masa peralihan dari masa anak - anak menuju masa dewasa. Seseorang yang memasuki masa remaja ditandai dengan beberapa perubahan baik yang tampak (terlihat langsung) atau pun yang tidak nampak (tidak terlihat langsung). Perubahan yang nampak disebut perubahan sekunder sedangkan perubahan tidak nampak disebut perubahan primer. Tetapi satu hal yang pokok yang perlu diperhatikan adalah terjadinya perubahan primer, artinya seseorang dikatakan telah masuk masa remaja atau masa puber jika orang tersebut telah telah mengalami perubahan primer. Karena perubahan primer itulah yang menandakan bahwa seseorang telah mampu bereproduksi.

Masa puber seorang perempuan biasanya lebih cepat jika dibanding masa puber seorang laki-laki. Berikut adalah ciri-ciri masa puber yang dialami oleh seseorang perempuan. 


-Sel-sel lemak didistribusikan ke seluruh tubuh
-Payudara mulai menonjol
-Pinggul, paha, pantat mulai membesar
-Rambut tumbuh di area ketiak dan pubis
-Muka cenderung tumbuh jerawat
-Kulit lebih halus karena distribusi lemak


Tahapan pubertas pada wanita :

  1. Anak perempuan dianggap sebagai tahap pertama perkembangan payudara dari lahir sampai pubertas. Payudara pada anak-anak benar-benar datar. Puting susu adalah satu-satunya bagian yang menonjol keluar dari dada.
  2. Payudara mulai menonjol. Kuncup tumbuh di bawah puting payudara dan kadang-kadang bisa terasa seperti benjolan. Kuncup ini membuat puting lebih menonjol dan membuat dada lebih berbentuk. Puting susu juga bisa menjadi sedikit sakit. Penonjolan payudara adalah tanda pertama pubertas untuk anak perempuan. Tahap ini dapat dimulai sejak usia 7 hingga akhir usia 14 tahun, tapi ada pula remaja memulai tahap perkembangan payudara saat berusia antara 8,5 hingga 11 tahun. Fase ini biasanya berlangsung 2-18 bulan.
  3. Pertumbuhan payudara sendiri mulai membengkak dan tumbuh selama tahap Tiga. Lingkaran yang lebih gelap da. ri kulit sekitar puting yang disebut disebut areola, semakin besar dan puting mungkin akan lebih besar juga. Fase ini biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 24 bulan.
  4. Puting mulai ‘membukit’. Puting dan areola menjadi lebih besar pada tahap empat. Selama tahap ini, puting dan areola dapat terlihat seperti massa yang berbeda atau gundukan di atas payudara. Panjang tahap keempat berkisar dari sekitar 8 sampai 24 bulan.
  5. Dewasa adalah fase terakhir untuk perkembangan payudara. Puting dan areola menjadi reintegrasi menjadi bentuk dasar payudara dan payudara tumbuh ke ukuran dewasa, yang bervariasi antara wanita. Dalam kisaran normal, anak perempuan biasanya menyelesaikan tahap ini pada usia 16 tahun, tetapi beberapa anak perempuan tidak menyelesaikannya sampai usia yang lebih tua.

 

Ciri Masa Puber Perempuan


a. Perubahan primer : datangnya masa haid atau menstruasi, yaitu keluarnya darah kotor dari kemaluan.

b. Perubahan sekunder :
1). Pinggul membesar
2). Payudara membesar
3). Tumbuh rambut pada sekitar kemaluan dan ketiak.







jangan lupa kunjungi sumbernya disini , disini , disini ,
4 ciri kelamin sekunder pada wanita 4 ciri kelamin sekunder pada wanita Reviewed by Renaldi on Jumat, Juli 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.