Urutan Proses Metamorfosis pada Kupu-kupu


Telur > Ulat / Larva > Kepompong / Pupa > Kupu-kupu Dewasa

Gambar Urutan Proses Metamorfosis Kupu-kupu


Urutan Proses Metamorfosis Kupu-kupu terdiri dari 4 Fase , yaitu :

  1. Fase Telur
    Telur Kupu-kupu mempunyai ukuran yang sangat kecil dan biasanya menetas 3-5 Hari. Kupu-kupu betina akan meletakan telurnya pada bagian bawah / ujung daun. Daun tersebut merupakan daun pilihan si kupu-kupu betina untuk makanan Ulat / Larva nya. itu karena setiap jenis Kupu-kupu mempunyai daun kesukaannya sendiri.
  2. Fase Ulat / Larva
    Ulat atau Larva kupu-kupu akan memakan daun setiap hari. Pertumbuhannya terbilang sangat Luar biasa Cepat. Biasanya dia akan berganti kulit 4-6 kali. Dan ketika sudah mencapai ukuran maksimal, dia akan mencari tempat berlindung agar dia bisa berubah menjadi kepompong / Pupa.

  3. Fase Kepompong / PupaPada Fase ini, Kepompong akan berlangsung selama 7-20 Hari tergantung dari jenis kupu-kupu itu sendiri. Biasanya, Kepompong akan berwarna coklat / hijau. Ini bertujuan sebagai bentuk kamuflase dengan lingkungan sekitar.

  4. Fase Kupu-kupu Dewasa
    Kupu-kupu dewasa yang baru keluar dari kepompong tidak akan bisa langsung terbang. Sebab, sayap kupu-kupu masih kusut dan sedikit basah. Cairan yang menempel disayap kupu-kupu tersebut berfungsi untuk membantu pembesaran sayap dan tubuh kupu-kupu. sehingga kupu-kupu membutuhkan waktu sampai sayapnya berkembang sempurna sebelum dia siap untuk terbang. 





Metamorfosis Sempurna Kupu-kupu

Metamorfosis Pada Kupu-kupu tergolong Metamorfosis Sempurna karena Perubahan bentuk yang terjadi pada kupu-kupu dimana bentuk larva (saat kecil) mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan bentuk ketika sudah dewasa. Terdapa masa transisi atau bisa disebut titik perubahan bentuk dari larva menjadi kupu-kupu Dewasa yaitu menjadi kepompong.




Makanan Kupu-kupu

Pada umumnya, kupu-kupu akan mencari makanan disekitar taman atau kebun. dia akan mencari bunga-bunga yang baru bermekaran untuk menghisap madu bunga (nektar / sari kembang). Hal yang dilakukan oleh kupu-kupu tidak merugikan tumbuhan atau bunga yang dia ambil madu bunga / nektarnya. malah menjadi keuntungan bagi bunga itu sendiri karena berkat kupu-kupu bunga tersebut bisa melakukan penyerbukan. Saat kupu-kupu hinggap dibunga, kakinya akan menyentuh bagian putik bunga dan benang sari bunga. sehingga mengakibatkan serbuk sari menempel pada putik maka terjadilah proses penyerbukan pada bunga.

Tak hanya bunga madu atau nektar, terdapat beberapa jenis kupu-kupu yang memakan cairan yang berada pada buah busuk yang jatuh ditanah, daging bangkai , sampai kotoran burung.


Kupu-kupu dan Manusia
 
Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman. yang membantu proses penyerbukan pada bunga sehingga menjadi buah. bagi para petani dan orang pada umumnya akan sangat bermanfaat untuk perkebangan pohon buah yang dia miliki.
namun, pada saat kupu-kupu melakukan proses metamorfosis. Larva atau ulat yang menetas dari telur kupu-kupu akan memakan daun-daun pada tanaman. tak terkecuali tanaman buah milik petani atau warga biasa itu sendiri. sehingga biasa disebut hama yang cukup mengganggu. dan itu merupakan salah satu keuntungan dan kerugian yang terjadi yang disebabkan oleh kupu-kupu. masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi hidup manusia di alam semesta ini.


Kupu-kupu yang beracun

siapa sangka hewan yang indah dan cantik ini juga memiliki racun. sama halnya dengan ular , kalajengking , laba-laba dan hewan beracun lainnya, kupu-kupu beracun ini menggunakan racunnya untuk bertahan hidup dari pemangsanya. walaupun begitu kupu-kupu tidak akan menggunakan racun tersebut untuk berburu makanan seperti hewan-hewan beracun lainnya. Menurut National Biological Information Infrastructure (NBII) of United States terdapat beberapa kupu-kupu beracun yang hidup disekitar kita. salah satunya kupu-kupu raja (Danaus Plexippus). Kupu-kupu berwarna orange ini umumnya sering dijumpai di indonesia dan masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa kupu-kupu ini beracun. racun pada kupu-kupu raja ini didapatkan dari getah daun yang dia makan saat menjadi larva kemudian menyimpan getah tersebut didalam tubuhnya. Saat larva menjadi kupu-kupu dewasa racun tersebut akan menjauhkan kupu-kupu raja dari para hewan pemangsa. hewan yang secara sengaja memakan kupu-kupu raja ini akan keracunan dalam kadar rendah sehingga kapok untuk memakan kupu-kupu raja lagi.
racun yang terdapat pada kupu-kupu raja tidak akan mematikan bagi manusia dan hewan besar lainnya dan kontak tubuh langsung dengan kupu-kupu ini seperti bersentuhan langsung tidak akan menyebabkan keracunan karena racun hanya berdampak apabila kupu-kupu dimakan.

lagipula siapa si yang mau makan kupu-kupu min ?? hahahahha admin hanya memberi tahu saja.. siapa tau dari kalian ada yang penasaran dengan rasa serangga yang satu ini mengingat ada beberapa jenis belalang yang bisa dimakan.. walaupun admin belum pernah makan belalang sebelumnya XD 

jangan lupa kunjungi sumbernya gan disini
Urutan Proses Metamorfosis pada Kupu-kupu Urutan Proses Metamorfosis pada Kupu-kupu Reviewed by Renaldi on Senin, Juni 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.