Adaptasi makhluk hidup


Adaptasi makhluk hidup

Adaptasi adalah cara makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup tempat mereka tinggal. Setiap lingkungan di bumi tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karna itu, semua makhluk hidup pasti berusaha untuk menyesuaikan dirinya agar mereka bisa bertahan hidup. Namun, tidak semua makhluk hidup bisa beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya, kemungkinan besar makhluk hidup yang tidak dapat beradaptasi dengan baik tersebutakan mati karena seleksi alam.



Macam-macam Adaptasi dan Contohnya
Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, adaptasi terbagi menjadi tiga jenis yaitu :


a) Adaptasi morfologi
Adaptasi morfologi adalah cara makhluk hidup beradaptasi dengan menyesuaikan bentuk dan struktur organ tubuh terhadap lingkungan hidupnya. Adaptasi jenis ini dapat dengan mudah diamati karena terlihat dengan sangat jelas seperti bentuk kaki, bentuk paruh, maupun seluruh bentuk tubuh. Adapun fungsi adaptasi jenis ini adalah agar makhluk hidup tersebut bisa mendapatkan makanannya dan bagaimana ia tinggal di tempat tersebut. Contohnya :
  • Burung elang memiliki kaki pendek, kekar serta berkuku tajam agar dia bisa menangkap mangsanya dengan mudah.
  • Bebek mempunyai kaki yang berselaput karena ia mencari makan di tempat yang berair.


b) Adaptasi fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah cara makhluk hidup beradaptasi dengan menyesuaikan fungsi organ-organ bagian dalam tubuh makhluk hidup dengan lingkungannya. Adaptasi jenis ini tidak dapat diamati langsung karena tidak dapat dilihat oleh mata. Namun, butuh penelitian terhadap jaringan dalam makhluk hidup itu sendiri. Contoh :
  • Pada saat udara dingin, manusia cendrung lebih banyak mengeluarkan urin.
  • ikan yang hidup di laut lebih sedikit mengeluarkan urin dibandingkan ikan air tawar.


c) Adaptasi tingkah laku
Adaptasi tingkah laku adalah cara makhluk hidup beradaptasi dengan menyesuaikan tingkah laku makhluk hidup itu sendiri dengan lingkungannya. Penyebab adaptasi ini biasanya disebabkan oleh kebutuhannya atau ada tidaknya ancaman pada dirinya. Contoh :
  • Paus dan Lumba-lumba yang secara periodik muncul kepermukaan air untuk bernafas
  • Cicak memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuhnya.
Adaptasi makhluk hidup Adaptasi makhluk hidup Reviewed by Renaldi on Jumat, Desember 30, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.